Sabtu, 21 Agustus 2010

Terang hath

orang yang kaya hati adalah orang yang hatinya selalu terang dalam keadaan bagaimanapun baik susah maupun senang ( stabil dalam beribadah, bergaul, bekerja ).
Umumnya manusia akan terang hati oleh sebab dhohir, contoh senak karena sedang banyak uang.

Yang baik adalah terangnya nur hati yaitu menggunakan pengertian ilmu dan perasaan2 yang ditemukan dan perasaan2 yang jadi paham oleh karena diatur oleh kekuasaan Allah.

Hati harus selalu siap terhadap ujian kehidupan yang diberikan kepada kita, karena keimanan pasti akan diuji baik dengan kekhawatiran, ketakutan, kelaparan, dikurangi harta bendanya dan lain2.

Ujian tidak mungkin akan selamanya, pasti ada akhirnya. Dan jika lulus akan ada hasil yaitu kenaikan iman dan kebahagiaan.

Didalam Al qur'an : ''berilah kabar gembira bagi orang yang mendapati ujian dengan kesabaran dan ketabahan'.
Ujian bagi orang mukmin bukan merusak, tetapi hanya sebagai peringatan.
Ujian dibuat kaprah/musibah jika tidak ada kebersihan dalam hati seorang hamba, dan tujuan balak ini untuk membersihkan yaitu dengan penyakit baik secara jazad maupun ekonomi.
Hadist ' dalam hati manusia ada segumpal darah yang apabilah bersih maka bersihlah semuanya dan jika kotor maka rusaklah semuanya,yaitu hati.
Jika mengadakan hajat itu apa adanya saja-sesuai dengan kemampuan, jangan memaksakan diri dengan hutang.
Orang yang tawakal kepada Allah maka Allah akan mencukupi. Apa yang dikehendakiNya pasti ada dan jika tidak dikehendakinya pasti tidak ada.

Jadi orang harus bisa merasa fakir, i'tiror -merasa ndak punya apapun sehingga yang muncul hanya pengakuan la haula wala quwwata illa billah. Merasa fakir dan butuh kepada Allah makan akan tercapai dan ada kepuasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar